JENIS-JENIS TEH

Teh yang baik dihasilkan dari bagian pucuk ditambah 2 – 3 helai daun muda dibawahnya, karena bagian pucuk ini mempengaruhi kualitas warna, rasa dan aroma teh. Pada bagian tersebut kaya akan senyawa Polifenol, asam amino serta kafein. Dari sekian banyak teh, ternyata jenis teh hanya dibagi menjadi 4 jenis teh saja
1. TEH HITAM
Teh hitam paling banyak dikonsumsi dan dikenali dipasaran karena memang warnanya hitam. Dalam proses pembuatannya, teh akan melalui proses fermentasi yang mengubah warna daun dari warna hijau menjadi warna kecoklata dan akan menjadi hitam dengan proses pengeringan.

2. TEH PUTIH
Teh yang hanya diambil dari satu pucuk pada setiap pohonnya, yaitu pucuk tertinggi dan utama. Karena kandungan oksidannya paling itnggi, jenis teh ini merupakan jenis yang terbaik. Dalam proses pembuatannya, daun teh dibiarkan layu dengan sendirinya sehingga warnanya menjadi putih.

3. TEH HIJAU
Dalam proses pembuatannya, daun teh hampir tidak mengalami proses kimia (fermentasi). Selain warnanya yang masih hijau, jenis teh ini juga masih mengandung tanin yang relatif tinggi. Biasanya pucuk teh diproses langsung dengan panas untuk menghentikan aktifitas enzim sehingga sama seperti daun teh awalnya.

4. TEH OOLONG
Proses sama seperti teh hitam, namun proses fermentasinya lebih singkat sekitar 30-70 %, sehingga warna dan aroma diantara tah hijau dan teh hitam. Umumnya dibuat dari tanaman teh yang tumbuh di daerah semi tropis.

Dari keempat jenis teh, jenis manakah yang paling kamu suka ?

Semoga bermanfaat.

Sumber : I LOVE COFFEE AND TEA, Eti Syahriyanti

<--Sebelumnya | Selanjutnya-->
Bagikan Bagikan Bagikan
Artikel Lainnya
FAKTA DAN MITOS SEPUTAR KOPI
Kategori : Buku
MENGAPA 1 MENIT 60 DETIK ?
Kategori : Uplag-upleg
MEMBUAT MIE
Kategori : Uplag-upleg
MEMBUAT SUSU KEDELAI
Kategori : Uplag-upleg
  <<<KATALOG >>>