6 OLEH-OLEH SOUVENIR KHAS YOGYAKARTA

www.yoicoy.com | Datang ke Yogyakarta dan tidak membawa souvenir untuk keluarga dan teman dirumah ? kayaknya kurang asik dan mantap deh. Sebenarnya sangat banyak souvenir-souvenir khas jogja, sebagai bahan referensi, berikut adalah 6 macam oleh-oleh souvenir khas yogyakarta yang bisa anda bawa versi Yoicoy:

1. KAOS DAGADU
” Matamu ” sebenarnya adalah arti dari nama ” Dagadu ”. Siapa yang tidak tahu dengan kaos yang satu ini? Kaos dengan tulisan dan gambar yang kreatif ala anak Jogja ini sangat sayang dilewatkan jika datang ke Yogyakarta. Terdapat banyak pedagang yang menjajakan kaos ini di sepanjang jalan Malioboro. Namun sebagai pembeli harus jeli akan keaslian dari kaos ini agar tidak menyesal. Sebagai referensi tempat, bisa membeli di Mall Malioboro, Ambarukmo Plaza dan didaerah¬† Pakuningratan yang merupakan lokasi pabriknya. Yups.. selamat berbelanja.

2. BATIK JOGJA
Banyak daerah di Indonesia yang memiliki batik khas ala daerahnya, tidak terkecuali  dengan Yogyakarta. Batik yang dimaksud bukan hanya sekedar kain baju ataupun pakaian, melainkan diaplikasikan dalam berbagai bentuk kerajinan. Seperti tas, sandal, blankon, syal, topeng gelang dll. Desa Karebet merupakan salah satu desa penghasil dan penjual kerajinan batik ini selain di pusat kota Yogyakarta seperti kawasan Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Lengkapi koleksi batik kamu dengan batik khas Yogyakarta......

3. KERAJINAN PERAK
Oleh-oleh khas kota Yogyakarta lainnya adalah kerajinan perak. Pusat kerajinan ini berada di Kotagede yang jaraknya lebih kurang 5 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Disana terdapat ruang pertunjukan (show room) kerajinan perak atau bisa datang langsung di rumah-rumah pengrajin secara langsung. Koleksinya sangat banyak dan kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Kerajinan perak disini telah bayak dikirim ke luar negeri sejak zaman Belanda.
Berminat ?

4. GERABAH KASONGAN
Aneka macam bentuk gerabah seperti vas bunga, lampu hias, guci hingga asbak ada disini. Pengunjung juga bisa melihat langsung proses pembuatan gerabah di Kasongan ini dari pembentukan tanah liat, pembakaran sampai finishingnya. Gerabah khas desa Kasongan telah dipercaya memiliki kualitas yang bagus. Berbagai macam harga ditawarkan, dari yang paling murah hingga yang mahal ada disini. Tertarik ? ayo datang ke Desa Kasongan, Yogyakarta....

5. ANEKA MACAM KERAJINAN TANGAN HANDYCRAFT
Hal ini bisa dilihat jika kita berkunjung ke kawasan Malioboro. Disitu dipajang beraneka hasil kerajinan tangan, tepatnya disebelah kanan dan kiri jalan Malioboro. Ada yang paling sederhana dari gantungan kunci bertuliskan tentang Jogja, miniatur candi dan bangunan, tas dari anyaman bahan alami, wayang dan masih banyak-banyak lagi.
Ada juga pasar yang khusus menampung hasil kerajinan dari pengrajin-pengrajin lokal dari kabupaten Bantul, yaitu Pasar Seni Gabusan. Berbagai harga ditawarkan dari ribuan hingga jutaan rupiah. Kunjungi malioboro, kunjungi Pasar Seni Gabusan, kunjungi Yogyakarta...

6. KERAJINAN BATU UKIR LEMAHDADI
Mungkin ada juga daerah penghasil kerajinan batu ini di Yogyakarta, misalnya di Gunung Kidul. Namun daerah yang satu ini terletak di Lemahdadi, Kabupaten Bantul. Menghasilkan kerajinan batu berupa patung (berhala/arca) dengan berbagai ukuran, bentuk, warna dan harga. Selain patung, pengrajin juga membuat kerajinan lain seperti batu ukir/relief, aneka ragam air mancur dan berbagai macam ukiran batu lainnya. Rumah anda ingin disetting nuansa klasik/ kerajaan ?, lengkapi dengan aneka perabotan kerajinan batu ukir dari Lemahdadi.Itu tadi 6 macam oleh-oleh souvenir khas Yogyakarta yang bisa dibawa pulang untuk melengkapi koleksi anda dirumah, versi Yoicoy.

Semoga bermanfaat.

Bagikan Bagikan Bagikan
Artikel Iseng Lainnya