6 Oleh-oleh Makanan Khas Yogyakarta

www.yoicoy.com | Kurang afdhol rasanya, jika kita berkunjung ke suatu daerah kemudian tidak membawa apa-apa sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Berikut adalah 6 macam oleh-oleh makanan khas yogyakarta yang bisa anda bawa versi Yoicoy:

1. GUDEG
Gudeg sangat familiar ditelinga, karena tentu saja rasa makanannya yang lezat di lidah. Gudeg merupakan makanan yang berbahan dasar dari buah nangka muda. Rasa khasnya adalah gurih dan manis. Dalam olahan gudeg, biasanya dicampur dengan daging ayam dan telor ayam. Makanan pelengkapnya berupa tempe bacem dan tahu bacem. Mantap deh. Memang biasanya gudeg dinikmati ditempat dimana gudeg itu dijual. Tapi jangan khawatir, ada juga gudeg yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Gudeg ini biasanya berupa gudeg kering yang dikemas dengan kendhil (tempat kecil dari tanah liat) atau dengan besek (tempat kotak dari anyaman bambu). Walaupun bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh, namun daya tahan gudeg juga tidak lama. Tapi mendinglah, bisa berbagi oleh-oleh dengan keluarga dirumah.

2. BAKPIA
Siapa yang tidak tahu dengan makanan ini, saya kira semua sudah tahu. Karena bila ditanya oleh-oleh makanan khas yogyakarta, kebanyakan menjawab bakpia. Selain gudeg tentunya. Yah... bakpia merupakan kue berbentuk bulat pipih yang berisi isian kacang hijau. Namun sekarang isian ini sudah bervariasi menjadi berbagai macam rasa. Jangan lupa untuk membawa makananĀ  khas ini jika berkunjung ke Yogyakarta.

3. YANGKO
Bentuknya kotak-kotak kecil yang berwarna-warni (tergantung rasa) dibungkus dengan kertas dan memiliki rasa yang manis. Bahan dasar dari makanan ini adalah dari tepung beras ketan. Makanan ini mudah dicari, sebab hampir semua toko oleh-oleh menyediakan makanan khas yang satu ini. Ketika digigit, kue yangko memiliki tekstur lembut dan sedikit kenyal dilidah. Cobain deh...

4. GEPLAK
Satu lagi makanan khas Yogyakarta yang tidak kalah enaknya, yaitu Geplak. Geplak merupakan makanan yang terbuat dari kelapa, tepung ketan dan gula tebu. Selain manis, geplak memililki beraneka macam warna dan bentuk, hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Oleh-oleh ini sangat mudah ditemukan diberbagai toko oleh-oleh di Yogyakarta. Jangan lupa beli yah jika sedang mampir di Yogyakarta.

5. COKLAT MONGGO
Yang menjadi istimewa dari oleh-oleh yang satu ini adalah kemasannya yang terbuat dari kertas daur ulang bersertifikat yang aman untuk kemasan makanan. Jadi, sangat ramah lingkungan ya. Meskipun pemiliknya orang asing namun makanan ini membawa unsur budaya Jawa. Hal ini terlihat dari ama ”Monggo” yang dalam bahasa Jawa memiliki arti ”silahkan”. Jangan ragu-ragu untuk membawanya sebagai oleh-oleh kelularga dirumah.

6. SALAK PONDOH
Buah yang satu ini memiliki ciri khas daging buah yang kering berwarna putih dan rasanya manis segar. Buah ini dibudidayakan di daerah Sleman, yang merupakan tanah yang subur karena dekat dengan keberadaan Gunung Merapi. Terdapat satu tempat agrowisata salak pondoh yang terletak di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman. Pengunjung dapat membeli langsung di kawasan agrowisata ini, selain juga bisa dengan mudah menemukan buah ini dikios-kios disepanjang jalan kota.


Itu tadi 6 macam oleh-oleh makanan khas Yogyakarta yang bisa dibawa pulang untuk keluarga versi Yoicoy.
Semoga bermanfaat
Bagikan Bagikan Bagikan
Artikel Iseng Lainnya