6 PANTAI BERPASIR HITAM DI INDONESIA

www.yoicoy.com | Kebanyakan orang pergi ke pantai untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas sehari-harinya. Tidak sedikit pula mereka pergi bersama keluarga mereka. Dan kebanyakan pantai atau hampir semua pantai memiliki pasir berwarna putih. Semakin putih dan semakin lembut, akan semakin disenangi oleh orang. Apalagi jika disekitar pantai tidak terdapat sampah dari manusia, pasti nyaman bukan?. Namun, apakah pernah membayangkan jika pantai yang biasanya berpasir putih bersih, warna pasir pantainya hitam? Teryata di Indonesia sendiri ada pantai yang memiliki pasir berwarna hitam loh. Mau tahu pantai mana saja dan dimana pantai tersebut berada?, berikut adalah 6 pantai yang memiliki pantai hitam yang eksotis di Indonesia dan layak untuk dikunjungi versi Yoicoy

1. PANTAI PARANGTRITIS (YOGYAKARTA)Kawasan wisata Parangtritis terletak di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, sekitar 27 kilometer dari kota Yogyakarta. Parangtritis adalah sebuah pantai yang landai dan mempesona dikombinasikan dengan bukit-bukit berbatu, bukit pasir, hamparan pasir yang luas ditambah lagi dengan hamparan ombak yang besar karena letaknya di bagian selatan pulau Jawa. Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta. Pantai parangtritis juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati proses tenggelamnya matahari (sunset) yang romantis, untuk terbitnya matahari (sunrise) mungkin wisatawan tidak bisa menikmatinya dikarenakan terhalang oleh tebing/gunung dibagian sebelah timur. Dari dulu hingga sekarang pantai parangtritis tetap menjadi salah satu icon kebanggaan di Yogyakarta.

2. PANTAI ANOI ITAM (ACEH)Pantai Anoi Itam terletak di pulau Weh, Sabang, Aceh, INDONESIA. Pantai Anoi Hitam berjarak lebih kurang 13 kilometer dari pusat kota. Dinamakan Anoi Itam karena memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam, sesuai dengan namanya Anoi Itam yang  berarti Pasir Hitam ( Anoi = pasir , Itam = hitam ). Yang membedakan pantai Anoi Hitam dengan pantai berpasir hitam lainnya ini adalah berat jenis pasirnya. Berat jenisnya lebih kurang tiga kali lipat berat pasir hitam pada umumnya. Hal tersebut disebabkan kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusunnya. Keindahannya bertambah ketika paduan warna pasir hitam dan batu-batu kapur yang berwarna putih disekitarnya menjadi satu, terlihat kontras. Apalagi ditambah dengan latar belakang tebing-tebing terjal dengan  berbagai macam tumbuhan hijau yang membuat kompleks pantai Anoi Itam semakin menarik.

3. PANTAI LEMBENG (BALI)Memang tidak ada habisnya jika membicarakan tentang Bali. Pulau yang satu ini memang memiliki begitu banyak objek wisata alam yang indah. Selain dijuluki pulau dewata, Pulau Bali juga sudah terkenal di dunia internasional akan keindahan alamnya. Diantara keindahan alamnya adalah pantai Lembeng. Pantai ini memang lain dari pantai lainnya, dikarenakan pantai ini pasirnya berwarna hitam. Pantai Lembeng terletak di Desa Lembeng, kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Di pantai Lembeng juga memiliki ombak yang cukup tinggi, jadi bisa dimanfaatkan untuk berselancar. Untuk melelpas penat, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam sambil berjemur dan menikmati senja.

4. PANTAI PURWAHAMBA INDAH (TEGAL)Tidak kalah dengan daerah lainnya, daerah Tegal juga memiliki objek wisata alam yang layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah objek wisata pantai Purwahamba Indah. Berbeda dengan kebanyakan pantai di pulau Jawa yang memiliki pantai berwarna putih, pantai Purwahamba Indah memiliki pasir berwarna hitam. Hal ini merupakan daya tarik tersendiri, yang menjadikan pantai di Tegal ini lain daripada yang lain. Karena memiliki pasir hitam yang halus, pengunjung dapat menikmati keindahan lautan sambil berjalan tanpa alas kaki menyusuri pantai. Ombak yang cukup tenang akan semakin menambah rasa nyaman bagi pegunjung. Ingat, jangan lupa untuk mampir ke pantai ini jika sedang berkunjung ke Tegal.

5. PANTAI JONGGRING SALOKO (MALANG)

Pantai berpasir hitam selanjutnya adalah pantai Jonggring Saloko yang berada di Malang. Pantai ini terletak di desa Mentaraman, Malang, Jawa Timur. Karena ombaknya yang cukup besar, pengunjung tidak disarankan untuk berenang demi keselamatan. Pesona utamanya terletak pada Ngebros atau karang berlubang yang menghasilkan semburan air keatas jika ombak besar datang. Yang selalu diingat jika kita berkunjung kemanapun, selalu membuang sampah ditempat yang disediakan, agar tidak mengotori tempat yang akhirnya akan merugikan kepentingan umum.

6. PANTAI NYANYI (BALI)Pantai berpasir hitam yang terakhir lagi-lagi berada di pulau Bali, yaitu pantai Nyanyi. Lokasinya berada di desa Nyanyi, kabupaten Tabanan, Bali, lebih kurang 25 km dari Denpasar. Dinamakan pantai Nyanyi karena pantai ini terletak di desa dimana pantai itu berada, yaitu desa Nyanyi. Pantai akan semakin menarik ketika sinar matahari bersinar di atas hamparan pasir pantai yang hitam. Sinar matahari yang memantul dari garam yang bercampur pasir, menjadikan kilauannya semakin mencolok. Pantai ini masih terbilang pantai yang alami, tenang dan nyaman, jadi silahkan sempatkan datang ke pantai ini jika sedang berkunjung ke Bali.

Itu tadi adalah 6 pantai yang memiliki pasir berwarna hitam yang eksotis di Indonesia dan tentu saja layak untuk dikunjungi dan diketahui versi Yoicoy.

Semoga bermanfaat

Bagikan Bagikan Bagikan
Artikel Iseng Lainnya