WADUK SERMO
( Menikmati Indahnya waduk di tengah kawasan hutan di Kulon Progo )

www.yoicoy.com | Waduk Sermo merupakan salah satu tempat wisata yang seharusnya dikunjungi ketika mampir di Yogyakarta. Letaknya berada di Sermo, Kabupaten Kulon Progo, D. I. Yogyakarta. Waduk ini diresmikan oleh Presiden ke-2 Indonesia Bapak Soeharto pada tanggal 20 November 1996. Waduk juga bisa diartikan sebagai danau buatan. Waduk ini ramai dikunjungi terutama pada waktu libur dan hari raya. Selain sebagai tempat wisata, waduk ini juga berfungsi sebagai irigasi dan air baku air minum kabupaten Kulon Progo.
Waktu datang pagi hari (habis subuh dari rumah), udara masih dingin dan sedikit berkabut melewati arah sentolo. Melewati jalan yang masih banyak pepohonan membuat nyaman rasanya. Apalagi ketika melewati sungai, sawah dengan jalan yang sudah bagus.... mantap. Di pinggir jalan, jika kita jeli ada juga banyak pohon minyak kayu putih diantara banyaknya pohon yang tumbuh. Bentuk daunnya kecil dan panjang. Untuk lokasi waduk sendiri bisa dikatakan berada dikawasan hutan, jadi agak sedikit pemukiman diwilayah itu.

Ketika masuk dipintu gerbang waduk kita akan langsung dihadapkan hamparan waduk yang ada di bawah kita. Salah satu yang terlihat dari atas adalah menara kontrol yang berada di tengah waduk. Menurut saya, waktu yang enak untuk ke tempat ini adalah pagi hari ketika udara masih dingin dan sedikit ada kabut. Memang sih, ketika pulang kampung ke jogja, udara disini dingin sepanjang waktu. Oh ya, dipinggir danau dibuat jalan yang hampir mengelilingi danau, jadi bisa berkeliling dan melihat danau dari banyak sisi. Mantap deh pokoknya tempat ini.
Waktu saya datang, air waduk sangat jernih. Kadang melihat warga setempat lagi beraktifitas mencari rumput untuk ternak mereka. Ada juga yang sedang ”nderes” atau mengambil air nira untuk dibuat gula jawa. Dan yang biasanya hampir sering ditemui adalah orang yang sedang memancing. Di area sekitar waduk dibangun taman-taman untuk menambah nyaman pengunjung ketika datang ke tempat ini. Sebagian dibangun juga tempat untuk menikmati pemandangan dari atas perbukitan. Pengelola juga membangun tempat untuk penjual makanan, toilet dan fasilitas lain yang sebisa mungkin membuat pengunjung nyaman.
Ada lagi loh tempat wisata yang tidak jauh dari waduk ini, ketinggian tempatnya masih diatas waduk sermo. Wisata Kalibiru namanya, di area waduk juga ada tanda arah untuk munuju tempat ini. Berkunjung satu dapat dua, mantap.

Ada beberapa rute untuk menuju waduk ini. Jika dari arah Yogyakarta, bisa melalui rute Sentolo, jalannya sudah bagus dan kanan kiri masih banyak pepohonan. Kalau dari arah barat, bisa melalui Wates dan lainnya. Ikuti saja tanda plank di jalan, pasti ada tulisan Sermo.
Yang perlu diingat, selalu membuang sampah pada tempat yang disediakan dimanapun kita berada, supaya tempat-tempat yang kita kunjungi selalu bersih dan tidak merugikan tempat-tempat lain.

Semoga bermanfaat.
Bagikan Bagikan Bagikan
Artikel Dolan Lainnya
WADUK SERMO
Kategori : Danau
Lokasi : Kulon Progo, D I Yogyakarta
PANTAI INDRAYANTI
Kategori : Pantai
Lokasi : Gunung Kidul, D I Yogyakarta
MUSEUM MANDIRI
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
PANTAI PANDAWA
Kategori : Pantai
Lokasi : Nusa Dua, Bali
JEMBATAN KOTA INTAN
Kategori : Jembatan
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
MUSEUM SENIRUPA DAN KERAMIK
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
ALAS KEDATON
Kategori : Alam
Lokasi : Tabanan, Bali
MONUMEN NASIONAL
Kategori : Museum
Lokasi : DKI Jakarta
PANTAI CARITA
Kategori : Pantai
Lokasi : Carita, Banten
MUSEUM BANK INDONESIA
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
TUGU KHATULISTIWA
Kategori : Monumen
Lokasi : Pontianak, Kalimantan Barat
MENARA SYAHBANDAR
Kategori : Monumen
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
MUSEUM BAHARI
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
KERATON SAMBAS
Kategori : Kerajaan
Lokasi : Sambas, Kalimantan Barat
GEDUNG ARSIP NASIONAL
Kategori : Museum
Lokasi : DKI Jakarta
MUSEUM FATAHILLAH
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
  <<<KATALOG >>>