MUSEUM WAYANG
( Belajar tentang bermacam-macam wayang yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri )

www.yoicoy.com | Museum Wayang terletak di Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, ibukota Negara Republik INDONESIA. Museum wayang termasuk dalam kawasan Kota Tua Jakarta. Di kota kawasan ini, bisa dilihat bangunan-bangunan berarsitektur Eropa. Ada yang bilang bahwa kota tua dibangun mirip dengan kota di Belanda tempo dulu. Di dekat Museum Wayang terdapat museum-museum lain seperti Museum Jakarta/museum Fatahillah, Museum Keramik. Ketiga museum itu berada di pinggir Lapangan Museum Fatahillah.

Untuk memasuki museum ini, pengunjung membayar tiket yang berada di samping kanan pintu masuk. Di area ini terdapat sepasang wayang dengan ukuran yang besar . Di sisi kanan dan kiri lorong terdapat aneka macam dan jenis wayang yang dipajang mirip dengan diorama (di dalam kaca). Ada yang dipajang sendiri-sendiri atau dipajang satu set wayang. Di bagian tengah lantai dasar ada sebuah taman yang lengkap dengan prasasti-prasasti peninggalan jaman dulu. Tidak terlewat juga boneka Si Unyil yang terkenal seluruh Indonesia bersama dengan teman-temannya juga melengkapi koleksi Museum Wayang.

Menuju lantai dua terdapat aneka jenis wayang baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Mungkin kalau diluar negeri menyebutnya bukan wayang, tapi dengan sebutan lain. Dari Indonesia seperti wayang purwa, wayang golek, wayang suket dan banyak jenis wayang lain di Indonesia. Dari luar negeri ada wayang/boneka dari India, China, Perancis dan masih banyak koleksi-koleksi dari luar negeri lainnya. Di lantai dua ini juga terdapat gamelan khas untuk mengiringi wayang, diantaranya ada kendang, sitter, kenong, gong dan jenis gamelan lainnya.
Di lorong tangga lantai dua menuju lantai satu, dipajang aneka topeng di kedua sisi lorong tangga dan diujung tangga lantai satu ada sepasang ondel-ondel (boneka khas Jakarta). Di lantai ini terdapat semacam teater untuk pertunjukan wayang yang diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu. Di samping pintu menuju keluar terdapat toko yang menjual cinderamata untuk kenang-kenangan dari Museum Wayang.

Jangan lupa, jika sudah masuk sholat, Museum Mandiri juga menyediakan Musholla yang terletak di lantai satu di dekat taman/lantai menuju lantai dua. Musholla cukup luas dan cukup untuk berjamaah dengan banyak jamaah. Lantai dilapisi dengan karpet dengan dinding dari kaca. Jadi jangan lupa untuk sholat jika sudah masuk waktunya. Wajib.
Fasilitas lain yang ada di Museum Wayang adalah perpustakaan yang terletak di lantai dua. Untuk menuju ke perpustakaan menggunakan tangga melalui belakang tempat pembayaran tiket. Ada juga toilet umum yang berada satu komplek dengan tempat wudhu Musholla.

Yang perlu diingat, selalu membuang sampah pada tempat yang disediakan dimanapun kita berada, supaya tempat-tempat yang kita kunjungi selalu bersih dan tidak merugikan tempat-tempat lain.

Semoga bermanfaat.
Bagikan Bagikan Bagikan
Artikel Dolan Lainnya
WADUK SERMO
Kategori : Danau
Lokasi : Kulon Progo, D I Yogyakarta
PANTAI INDRAYANTI
Kategori : Pantai
Lokasi : Gunung Kidul, D I Yogyakarta
MUSEUM MANDIRI
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
PANTAI PANDAWA
Kategori : Pantai
Lokasi : Nusa Dua, Bali
JEMBATAN KOTA INTAN
Kategori : Jembatan
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
MUSEUM SENIRUPA DAN KERAMIK
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
ALAS KEDATON
Kategori : Alam
Lokasi : Tabanan, Bali
MONUMEN NASIONAL
Kategori : Museum
Lokasi : DKI Jakarta
PANTAI CARITA
Kategori : Pantai
Lokasi : Carita, Banten
MUSEUM BANK INDONESIA
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
TUGU KHATULISTIWA
Kategori : Monumen
Lokasi : Pontianak, Kalimantan Barat
MENARA SYAHBANDAR
Kategori : Monumen
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
MUSEUM BAHARI
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
KERATON SAMBAS
Kategori : Kerajaan
Lokasi : Sambas, Kalimantan Barat
GEDUNG ARSIP NASIONAL
Kategori : Museum
Lokasi : DKI Jakarta
MUSEUM FATAHILLAH
Kategori : Museum
Lokasi : Kota Tua, DKI Jakarta
  <<<KATALOG >>>